Setda Kota Probolinggo

Tinjau Pelayanan Publik di Kota Probolinggo, Ombudsman Laksanakan Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Rabu 14 September 2022. Sejak Hari Senin (13/9) sampai dengan Rabu (14/9) Ombudsman Perwakilan Jawa Timur menyambangi Kota Probolinggo. Ombudsman datang untuk melaksanakan Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kota Probolinggo. PEnilaian ini dilaksanakan rutin setiap tahun. Lokus penilaian adalah DPMPTSPNAKER, Dispendukcapil, Dinkes P2KB, Dinsos, PPPA dan Disdikbud. Selama tiga hari Ombudsman yang diwakili oleh Bapak Hadi dan Bapak Muslih, intens berkeliling memantau dan menilai pelaksanaakn pelayanan publik di unit kerja tersebut.

Pada tahun ini Penilaian Pelayanan Publik tidak lagi menggunakan metode survei berbasis pengamatan (observasi) atas pemenuhan standar pelayanan. Tetapi, menguji lebih mendalam dengan menggunakan empat dimensi, yakni uji kompetensi penyelenggara pelayanan dan sarana/prasarana, pemenuhan standar pelayanan, wawancara pengguna layanan untuk menguji persepsi maladministrasi, dan pengelolaan pengaduan. Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik adalah salah satu upaya Ombudsman RI untuk melaksanakan tugas pencegahan maladministrasi.